Jumat, 26 Januari 2018

Mukhadarah Sebagai Ajang Beranikan Diri dan Penanaman Akhlak

Menjadikan anak berani tampil di depan umum dan memiliki akhlak mulia, MI Muhammadiyah 1 Plabuhanrejo Kecamatan Mantup Kabupaten Lamongan mengembangkan salah satu program yang menarik yaitu Mukhadarah.

Mukhadarah adalah kegiatan yang melatih siswa untuk berani tampil dan berbicara di depan umum. Mukhadarah ini diikuti oleh semua siswa MI Muhammadiyah 1 plabuhanrejo dari kelas I-VI dan guru juga turut mendampingi. Kegiatan ini  dilaksanakan di semester genap dan diadakan 2 minggu sekali pada hari sabtu pagi pukul 08.00 – 10.00  yang bertempat di rumah-rumah siswa secara bergantian. sedangkan yang menjadi tuan rumahnya adalah siswa yang duduk di kelas VI dalam hal ini siswa dikelompokkan dua anak dua anak tujuannya agar tidak membebani wali murid karena untuk biaya makan bisa ditanggung berdua, namun siswa tetap membayar Rp.5000 untuk kegiatan tersebut Mukhadarah ini sudah ada sejak Tahun 1990 an hingga sekarang tetap berjalan.

Adapun rangkaian kegiatannya adalah sebagai berikut : 1. Pembawa acara membacakan sususnan acara mukhadarah, 2. Pembacaan Gemawahyu Illahi beserta artinya, 3. Membaca Hadis, 4. Inti maksud dari inti disini adalah berpidato tentang keislaman biasanya yang disampaikan tidak jauh dari materi pelajaran, 5. Membaca doa sehari-hari, 6. Istirahat yang diisi dengan selingan puisi dan pantun agar kegiatan ini tidak membosankan, 7. Ikrar santri, 8. Membaca Doa’ penutup, 9. Pesan dan kesan, yang disampaikan langsung oleh guru bukan siswa.

Waka Ismuba Bapak Muchammat Kristanto S.Kom menyatakan bahwa tujuan utama mukhadarah adalah untuk berdakwah atau syiar Islam yang nantinya akan menjadikan siswa dapat menerapkan nilai-nilai Islam dalam kehidupan sehari-hari, dan membentuk mental pemberani serta percaya diri tampil di depan. serta sebagai ajang silaturahim dengan wali murid terutama wali murid yang ditempati kegiatan ini dan

Salain itu yang menarik adalah kegiatan ini di hendel langsung oleh anak-anak kelas 4, 5, 6 yang tergabung di IPM (Ikatan Pelajar Muhammadiyah) MI Muhammadiyah 1 Plabuhanrejo dalam hal ini adalah melatih siswa untuk berorganisasi, menanamkan jiwa kepemimpinan, dan manajemen dimulai dari hal yang kecil. Ujar Rahmat Arianto selaku pembimbing kegiatan ini.
Adanya kegiatan ini diharapakan mampu mencetak generasi yang berani tampil dan berakhlak mulia sesuai dengan nilai-nilai Islam. (Anjar)




EmoticonEmoticon