Selasa, 06 Februari 2018

Tips Meningkatkan Percaya Diri Ketika Berbicara di Depan Umum

Berbicara  adalah hal biasa yang sering dilakukan, tapi ketika berbicara di depan umum tidak semua orang bisa percaya diri, hal itu disebebkan karena rasa malu, tidak percaya dengan dirinya sendiri bahwa dia mampu dan banyak hal lain yang mempengaruhinya. Jika kita tidak memiliki rasa percaya diri akan merugikan diri kita sendiri karena ketika terjun dalam dunia pekerjaan, dan terjun di masyarakat, maka kita akan merasa kesulitan dalam menyampaikan pendapat. Nah, jangan takut bagi anda yang masih malu berbicara di depan umum, kali ini saya akan berbagi tips meningkatkan percaya diri ketika berbicara di depan umum, berikut tipsnya :




1. Berpikir Positif

Segala sesuatu adalah tergantung dengan apa yang kita pikirkan, jika di awal kita sudah merasa tidak percaya diri, merasa tidak bisa dan lain sebagainya, maka yang terjadi adalah sampai nanti kita akan merasa malu dan tidak berani berbicara atau  tampil di depan umum. Maka yang perlu anda lakukan adalah menciptakan  berpikir postif, yakin bahwa saya berani dan bisa, pasti energy postif itu akan mengalir dalam tubuh kita yang menjadikan kita benar-benar berani dan bisa.

2. Melawan Rasa Malu

Malu adalah alasan terbesar yang membuat kita takut berbicara atau tampil di depan umum. Meskipun malu adalah rasa yang pasti ada di setiap manusia, namun malu itu ada tempatnya tidak semua hal kita harus malu. Oleh karena itu hal yang harus dilakukan adalah melawan rasa malu itu dengan menganggap semua orang adalah sama, sama-sama manusia sama makan nasi, minum air, dan jangan memandang jabatan orang yang ada di sekitar kita. kemudian berbicaralah sesuai dengan konteks atau hal-hal yang akan disampikan. Dengan demikian anda akan merasa santai berbicara dengan mereka. Hal itu dilakukan agar dapat menghilangkan rasa malu, jadi mengapa harus malu kepada mereka?

3. Melakukan Persiapan Sebaik Mungkin

Jika anda menjadi pembicara atau yang menjadi presentator, maka berlatihlah sebelumnya dengan mempelajari materi yang akan dipresentasikan. Jika materi sudah menguasai maka anda bisa berlatih di depan orang bisa mengajak adek, kakak atau bakap, ibu yang akan menjadi objek presentasi. Dengan melakukan persiapan ini anda akan semakin menguasai materi dan bisa memprediksi suasana yang aka terjadi. Selain itu juga dapat memberikan getaran positif sehingga perasaan anda menjadi positif juga lebih percaya diri. 
Jika anda akan menyampaikan pendapat dalam sebuah rapat agar apa yang disampaikan sesuai konteks dan terstruktur maka tulislah di buku poin pentingnya saja apa yang akan disampaikan.

4. Berbicaralah Sesuai dengan Gaya Sendiri

Setiap orang pasti memiliki cara dan gaya masing-masing dalam berbicara, jadi anda tidak perlu meniru gaya orang lain, percalah dengan diri anda sendiri tak perlu menjadi orang lain. Namun berbicara dengan gaya sendiri tetap memiliki etika dalam berbicara yaitu sopan, santun,  dan menarik sehingga menciptakan suasana yang kondusif dan impresif.

5. Berdoa 

Sebelum tampil berbicara di depan umum, berdoalah terlebih dahulu, karena akan membantu menenangkan perasan anda. Selain itu berdoa juga dapat memberikan tekanan positif sehingga anda tidak sadar bahwa anda akan berani berbicara di depan umum.

Demikian itulah beberapa tips yang bisa saya sampaikan agar percaya diri ketika berbicara di depan umum. Silahkan dicoba jika ingin mengetahui hasilnya. Semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon