Senin, 16 April 2018

3 Objek yang Sering Diberitakan di Berita Hari Ini

Berita Update - Perlu Anda ketahui, berita itu memiliki artian sebuah laporan yang dibuat seseorang berdasarkan fakta yang ada. Berita ini biasanya ditulis seorang jurnalis dan ditayangkan di berita hari ini di berbagai media. Baik itu media daring maupun media massa lain seperti koran, majalah ataupun televisi.

Nah, karena berita tersebut adalah laporan yang berdasarkan fakta, pastinya ada suatu objek yang diberitakan. Tanpa objek, berita tersebut berarti hal yang bohong. Tidak ada yang namanya berita bila tak ada objek yang diberikan. Lalu, sebenarnya apa saja objek yang sering diberikan dalam berbagai berita yang sering Anda temui?



1. Peristiwa

Objek pemberitaan pertama yang sering disorot wartawan adalah peristiwa. Berita mengenai ini adalah yang meliput suatu kejadian yang baru terjadi. Kejadian ini memiliki artian bahwa hanya sekali terjadi. Tidak terjadi berulang-ulang dalam waktu yang dekat. Biasanya, Anda akan menemukan berita ini dalam berita jenis straight news.

Berita ini biasanya dilaporkan secara langsung dari tempat kejadian dengan mewawancarai beberapa narasumber terkait. Berita dengan objek yang satu ini lebih mementing aktualitas dalam penayangannya. Baik itu secara daring maupun di berbagai media lainnya. Meski begitu, ia tetap mengikuti kaidah penulisan berita yang baik.

Contoh dari objek peristiwa dalam berita bisa Anda lihat pada berita gempa bumi beberapa waktu lalu yang menimpa DKI Jakarta dan sekitarnya. Berita lain dengan objek ini yang jauh lebih populer adalah berita mengenai tsunami yang menimpa Aceh bertahun-tahun lalu. Objek berita seperti ini hanya terjadi sekali dan tidak berulang-ulang, kan?

2. Kasus

Objek kedua yang biasanya bisa Anda temukan di berbagai berita terbaru hari ini adalah kasus. Berita dengan objek ini adalah berita yang menyorot kejadian yang tidak selesai setelah suatu keadaan terjadi. Biasanya, objek berita ini meninggalkan satu hal yang masih ada kelanjutannya. Berita dengan objek ini bisa Anda temukan dalam berita Dept News.

Berita dari segi ini biasanya memiliki nilai yang berat. Baik dari segi fakta, penggalian data, dana, dan dampaknya bagi masyarakat umum. Biasanya, berita dengan objek ini ditulis secara mendalam dengan mempertimbangkan berbagai fakta dan data yang ada untuk mengungkap kelanjutannya.

Anda bisa melihat contoh berita dengan objek ini pada berita mengenai pembunuhan. Di berita seperti ini, biasanya kasus pembunuhan masih meninggalkan hal yang bisa diberitakan. Misalnya saja siapa pembunuhnya. Apa motif pembunuh melakukan hal tersebut. Berita dengan motif ini juga bisa Anda temukan di contoh-contoh lain seperti perampokan.

3. Fenomena

Objek yang sering diberitakan dalam berita hari ini selanjutnya adalah fenomena. Fenomena ini adalah suatu kejadian yang terjadi dan tidak terputus pada satu zona teritorial tertentu saja. Sifat fenomena ini luas dan layak diberikan. Contoh dari berita dengan objek tertentu ini misalnya wabah Difteri yang menyebar di Indonesia beberapa waktu lalu.

Perlu berita khusus untuk memberitakannya agar orang lain bisa lebih waspada, kan? Contoh lainnya juga bisa dilihat dari wabah campak yang mendera masyarakat di Papua. Bisa juga wabah demam berdarah yang marak di musim penghujan seperti sekarang.

Nah, itulah beberapa objek berita yang sering Anda temukan di berita hari ini. Baik itu berita yang ada di media daring ataupun media massa lain seperti koran dan televisi. Objek berita ini adalah hal yang penting dalam sebuah berita. Tanpa objek, berita bukanlah sebuah berita. Melainkan hanya omong kosong saja.


EmoticonEmoticon