Rabu, 10 Oktober 2018

Inilah Tahap Perkembangan Anak di Usia 0-12 Bulan

Tahap perkembangan anak anak sangatlah penting untuk diawasi, hal ini berguna untuk mengetahui apakah tumbuh kembang si kecil sesuai dengan usianya dan tidak memiliki gangguan. Perkembangan motorik maupun sensorik anak bisa diketahui dari caranya dalam berkomunikasi dengan orang lain.

Nah sebagai orang tua, tentu masa-masa ini merupakan masa keemasan yang akan sangat sayang untuk dilewatkan. Meskipun setiap hari berinteraksi namun rasanya selalu ada saja kejutan baru yang diberikan oleh si kecil. Dan itu merupakan sebuah momen yang tidak akan bisa untuk di ulang kembali. 


Tahap Perkembangan Anak di Tahun Pertama

Tumbuh kembang balita memang rasanya berlangsung dengan sangat cepat, mulai dari saat masih dalam kandung, lahir, hingga belajar berjalan. Perkembangan ini memang berjalan dengan bertahap satu demi persatu dan disesuaikan dengan usia serta respon si bayi. Berikut ini kami akan berikan informasi seputar tahap perkembangan bayi di usia 0-12 bulan:

1.    Usia 0-1 bulan

Biasanya bayi akan mengalami penurunan badan di hari kedua hingga ketiga sejak ia dilahirkan, ini merupakan hal yang wajar karena ia akan kembali mengalami pertumbuhan berat saat sudah berusia sekitar 2 minggu.

Panjang bayi juga akan mengalami pertumbuhan begitu juga anggota tubuhnya yang lain. Di usia ini bayi juga mulai memberikan respon terhadap lingkungan sekitarnya ya namun masih sangat terbatas.

2.    Usia 1-3 bulan

Selain mengalami pertumbuhan berat  dan tinggi badan, di usia ini otot bayi mulai lebih kuat sehingga ia belajar menegakkan kepalanya. Ia juga mulai aktif dalam pergerakan motorik dan sensoriknya. Ia juga sudah bisa mulai menyatakan keinginannya dengan menangis seperti saat tengah lapar maupun haus. Untuk membantu perkembangannya Anda bisa memberikan mainan yang memiliki bunyi atau warna yang terang.

3.    Usia 4-6 bulan

Tahap perkembangan anak di usia ini bayi sudah mengalami pertumbuhan yang cukup signifikan. Selain itu ia juga sudah mulai untuk menjaga keseimbangan, belajar memiringkan badan dan juga mulai belajar untuk duduk sendiri.

Tak jarang juga ia mulai belajar berbicara meski itu hanya sebuah ocehan, tawa, maupun meniru bunyi yang ada di sekitarnya. Ia juga sudah mulai untuk mengenali dengan baik orang-orang yang ada di sekitarnya.

4.    Usia 7-9 bulan

Memasuki usia ini biasanya bayi sudah bisa duduk dengan sempurna dan mulai merangkak atau bisa juga mulai belajar berdiri kemudian merambat. Ia juga sudah kuat jika memegang benda. Sehingga di usia ini Anda bisa untuk mengajarinya makan sendiri maupun minum. Namun perlu pengawasan yang lebih ya karena si kecil cenderung memasukkkan benda apapun ke mulutnya.

5.    Usia 10-12 bulan

Memiliki berat yang bisa mencapai 3x lipat dari beratnya pada saat lahir dan tinggi badannya pun juga semakin bertambah. Pada usia ini bayi biasanya sudah mulai untuk belajar berjalan, tentu masih dengan pengawasan Anda sebagai orang tua. Anak juga sudah mengalami tumbuh gigi dan mulai paham jika di ajak bicara. Di usia ini ia juga akan semakin aktif untuk mengetahui apa saja yang ada di lingkungannya.

Demikian tadi tahap perkembangan anak yang umumnya terjadi pada usia dibawah 1 tahun, kenali dan pahami perkembangan tersebut. Jika bayi Anda memiliki perbedaan yang cukup mencolok maka tak ada salahnya untuk berkonsultasi dengan dokter anak langganan Anda.


EmoticonEmoticon