Senin, 26 November 2018

5 Cara Tepat untuk Melengkapi Gizi Seimbang Anak




Gizi seimbang menjadi topik penting yang perlu dipelajari oleh semua orang tua demi mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan anak. Setiap orang tua di dunia ini pasti menginginkan yang terbaik bagi anak-anaknya. Salah satunya adalah dengan memenuhi kebutuhan gizi bagi anak lewat asupan nutrisi dari makanan yang diberikan kepada anak sehari-hari.

Pertumbuhan dan perkembangan anak banyak dipengaruhi oleh asupan makanan yang dikonsumsi oleh anak. Selama ini kita mengenal adanya 4 sehat 5 sempurna yang wajib diberikan kepada anak. Namun, ternyata memenuhi kebutuhan gizi anak lebih dari sekedar prinsip 4 sehat 5 sempurna. Ada banyak hal yang perlu dipikirkan agar bisa memenuhi kebutuhan gizi anak secara seimbang.

Lalu apa saja yang perlu dilakukan agar orang tua bisa memberikan gizi seimbang untuk anak? Mungkin memang terdengar mudah, namun nyatanya memenuhi kebutuhan gizi anak secara seimbang bukanlah hal yang sepele. Kali ini kita akan membahas seperti apa cara yang tepat untuk memenuhi kebutuhan gizi seimbang anak.

Memenuhi Gizi Seimbang
Setiap anak melewati proses bertumbuh dan berkembang yang berbeda-beda. Kondisi anak satu dengan yang lain tidak bisa disamakan karena mereka melewati proses yang berbeda. Yang bisa dilakukan oleh orang tua adalah memberikan gizi yang cukup bagi anak agar anak bisa tumbuh dan berkembang secara optimal sesuai usia mereka.

Berikut adalah 5 cara memberikan gizi seimbang untuk anak yang bisa dilakukan para orang tua :


1.    Buat Variasi Jenis Makanan

Kita tahu panduan makanan 4 sehat 5 sempurna sangat membantu untuk memenuhi kebutuhan gizi anak, namun ada hal penting yang harus anda perhatikan yaitu variasi makanan. Jangan menyajikan makanan yang itu-itu saja asalkan memenuhi prinsip 4 sehat 5 sempurna, namun cobalah lakukan perubahan agar anak tidak merasa bosan.

2.    Terapkan Kebiasaan Makan Teratur

Sedini mungkin, anak harus dibiasakan untuk makan secara teratur. Usahakan agar anak terbiasa untuk sarapan sebelum memulai aktivitas di pagi hari, makan siang, kemudian makan malam. Jika anak terbiasa untuk makan teratur maka kebutuhan gizinya juga akan terpenuhi dengan baik. Kebiasaan ini juga akan mereka bawa hingga dewasa dan sangat baik untuk kesehatan tubuh.

3.    Biasakan Anak Jaga Kebersihan Makanan

Jangan hanya mempersiapkan makanan yang lengkap kandungan giziya namun perhatikan juga faktor kebersiha. Pastikan untuk menjaga kebersihan makanan sebaik mungkin. Ajari anak untuk selalu mencuci tangan setiap kali akan makan dan pastikan anda mengolah makanan secara higienis agar kualitas makanan dan gizi yang dikandung tetap terjaga dengan baik.

4.    Jangan Terlalu Banyak Makanan Asin dan Manis

Hindari memberikan anak makanan yang asin dan manis secara berlebihan. Walaupun memang biasanya anak menyukai rasa asin dan manis, namun sebagai orang tua anda harus bijak untuk membatasi konsumsi makanan manis dan asin demi kesehatan anak. Jangan biarkan anak terbiasa makan makanan asin dan manis yang terlalu banyak.

5.    Biasakan Anak Minum Cukup Air Putih

Ajarkan anak untuk terbiasa minum air putih dalam jumlah yang cukup. Seharusnya, kita minum air putih sebanyak 8 gelas sehari dan hal ini harus dibiasakan sejak dini. Cobalah untuk membiasakan anak agar mau minum air putih yang banyak setiap hari demi alasan kesehatan.

Itulah tadi 5 cara jitu untuk memberikan gizi seimbang kepada anak. Selain memberikan makanan 4 sehat 5 sempurna, anda perlu melakukan cara-cara tersebut agar anak bisa mendapat asupan gizi yang lengkap dan berkualitas.


EmoticonEmoticon