Senin, 12 November 2018

Cara Merawat Aki Mobil agar Tahan Lama



Setelah berhasil menemukan aki mobil berkualitas, maka sebaiknya Anda harus tahu juga bagaimana cara merawat aki tersebut dengan baik supaya bisa tahan lama. Namun sebelum itu, sebaiknya pahami juga fungsi aki dan macam-macamnya. Karena sekarang ini ada banyak brand aki mobil yang dijual di pasaran. Salah satunya adalah aki NS Battery. Aki ini merupakan sebuah head unit atau sebagai sumber listrik. Itu artinya, aki merupakan bagian komponen mobil yang berguna untuk mengatur sistem kelistrikan pada mobil.

Aki itu sendiri  terbagi menjadi 2 macam. Di bawah ini adalah 2 macam aki yang biasa digunakan pada sepeda mobil, antara lain:

Aki Kering

Jenis aki kering ini termasuk ke dalam aki yang bebas perawatan khusus. Maka dari itulah, aki kering itu merupakan aki maintenance free.  Aki ini bisa mengisi daya secara otomatis. Sehingga, Anda tidak perlu lagi mengisi ulang air akinya, layaknya aki basah. Aki yang sering digunakan saat ini adalah aki mobil dari tahun keluaran 2015.

Aki Basah

Aki basah adalah salah satu komponen yang membutuhkan perawatan khusus. Karena Anda harus mengisi air akinya secara teratur. Jadi, bila Anda sudah memahami fungsi aki dan jenisnya, maka Anda harus bisa merawatnya dengan benar. Merawat aki mobil itu merupakan hal yang wajib untuk semua pengendara mobil. Karena bila aki mobil tidak sehat, hal ini bisa membuat para pengendara mobil menjadi kerepotan. Aki yang bermasalah bisa membuat mobil listrik menjadi bermasalah secara menyeluruh. Di bawah ini adalah beberapa cara agar aki mobil menjadi terawat, antara lain:

Pemakaian Aksesoris mobil

Beberapa pengemudi mobil sering kali ingin menambahkan aksesoris lampu dan juga aksesoris lainnya, seperti sirine dan juga klakson lebih untuk mobilnya. Maka dari itulah, salah satu hal yang harus diperhatikan adalah Anda harus bisa melakukan pemasangan dengan tepat dan harus sesuai dengan beban maksimal mobil Anda. jangan sampai Anda menggunakan aksesoris mobil yang terlalu banyak. Karena hal ini bisa membuat daya aki yang digunakan menjadi terlalu banyak. Akibatnya, aki menjadi mudah rusak.

Cara Melakukan Starter

Sebaiknya jangan pernah menyalakan starter elektrik mobil dengan paksa bila mobil Anda memang sulit untuk dinyalakan. Masalah ini biasanya terjadi pada pagi hari saat pertama kali mobil ini dinyalakan. Maka dari itulah, bila hal ini terjadi, sebaiknya pakai saja kick starter agar dapat menyalakan mobil Anda.

Memanasi Mesin mobil

Sebaiknya nyalakan mobil 15 menit setiap hari. Sehingga, kondisi aki mobil tetap terisi dan bisa berjalan dengan baik.

Cara Mematikan mobil yang Benar

Ketika akan mematikan mobil, sebaiknya  pastikana gar komponen kelistrikan pada head lamp dan juga lamp sign sedang mati. Kadang-kadang Anda mngkin lupa untuk mematikan headlamo dan juga listrik yang lain saat mobil dimatikan. Hal ini memang tidak akan berdampak langsung. namun, saat Anda akan menyalakan mobil, hal ini bisa membuat beban aki menjadi lebih besar karena kinerjanya semakin berat. Akibatnya, aki mobil menjadi cepat soak.

Cek Ketinggian dari Cairan Aki mobil

Cara yang satu ini berlaku untuk pengemudi aki basah. Dimana aki ini masih memakai cairan aki. Usahakan supaya cairannya tidak sampai melebihi dari atas dan juga bawah yang sudah tertera. Bila airnya sudah mendekati dari batasan bawah, sebaiknya langsung tambahkan dengan cairan H2O atau air suling ke aki sampai menyentuh dari batas atas. Sekalipun cairan yang ada di dalam aki ini dari asam sulfat, namun tetap pakai H2O agar proses pengisian ulang akinya bisa tetap terjaga derajat keasamannya.

Cek Terminal Aki

Kedua terminal aki positif dan negatif terkadang bisa menyebabkan terjadinya kerak yang warnanya putih. Bahkan, ada juga beberapa kebocoran bisa saja terjadi karena kabel yang terpasang tidak tepat. Kebocoran aki ini berbahaya sekali bagi pengemudi mobil. Apalagi sifat dari cairan asam aki ini bisa membuat logam menjadi terkikis dan menyebabkan kebakaran. Disamping itu, dengan kelonggaran dari sambungan aki, hal ini bisa menimbulkan terjadinya kerak putih yang menghambat aliran listrik ke aki.

Cek Kiproknya!

Kiprok adalah saringan sebelum akhirnya membuat kelistrikan menajdi mengalir. Kiprok ini berguna untuk memasukkan listrik ke dalam aki. Bila ada indikasi bahwa lampu mobil mulai redup dan nyalanya tidak stabil, hal ini bisa terjadi karena kiproknya mulai rusak. Itu artinya, Anda harus segera menggantinya sekarang juga!

Cek Bagian Badan Aki

Ini jarang sekali terjadi. Karena sebenarnya badan aki ini hanya akan bocor bila terjatuh dan tergores. Maka dari itulah, cek bagian ini secara berkala. Karena bila aki ini bocor, hal ini bisa merusak beberapa part, dikarenakna sifat asam yang dihasilkan oleh air aki.


EmoticonEmoticon