Minggu, 30 Desember 2018

Cara Melancarkan ASI Selain dengan Daun Katuk


cara memperlancar asi


Bagi seorang ibu menyusui, asupan makanan yang paling baik adalah dengan mengonsumsi sayuran, buah-buahan dan juga kacang-kacangan. Sumber bahan makanan tersebut merupakan salah satu cara untuk meningkatkan produktifitas Air Susu Ibu. Salah satu jenis sayuran yang dikenal sangat ampuh sebagai cara melancarkan ASI adalah daun katuk. Kandungan efedrin, vitamin A, C, B dan K pada daun bernama latin Sauropus androgynus ini dapat melancarkan dan meningkatkan proses produksi Air Susu Ibu.

Kandungan Pro vitamin A atau betakaroten serta beberapa kandungan nutrisi lain seperti zat besi, maangaan, fosfor, kalsium dan serat yang terkandung dalam sayuran ini sangat baik dalam mekancarkan ASI. Bahkan beberapa ibu menyusui yang mengonsumsi daun katuk memiliki ASI yang berlimpah. Daun katuk juga bisa berfungsi sebagai antioksidan. Bukan hanya itu, kandungan klorofil dalam daun katuk juga mampu membersihkan limbah metabolisme dalam tubuh, membant mengatasi bakteri, parasit dan juga virus. Banyaknya manfaat dari daun katuk yang bisa anda dapatkan membuat banyak orang memanfaatkan daun ini sebagai cara melancarkan ASI dengan alami.
Selain daun katuk, ada beberapa jenis sayuran yang bisa digunakan untuk melancarkan produktifitas ASI. Beberapa sayuran tersebut adalah sebagai berikut ini;

        Bayam
Cara melancarkan ASI dengan bahan alami yang pertama adalah dengan rutin mengonsumsi sayur bayam. Seperti kita ketahui jika bayam memiliki kandungan zat besi yang tinggi. Baik itu bayam merah maupun bayam hijau. Selain zat besi yang tinggi, bayam juga memiliki kandungan asam folat serta kalsium yang sangat berguna untuk mengembalikan kondisi tubuh ibu menyusui ketika anemia.

        Asparagus
Salah satu jenis sayuran yang wajib dikonsumsi oleh ibu menyusui. Asparagus dikenal sebagai makanan yang berserat tinggi, lengkap dengan vitamin A dan K. Kandungan gizi dalam sayur asparagus ini sangat membantu meningkatkan hormon dalam tubuh ibu menyusui sehingga produktifitas ASI berjalan dengan optimal. Anda bisa mengonsumsi sayuran yang satu ini dengan membuat sup ice cream atau bisa juga dibuat menjadi tumis yang dipadukan dengan daging.

        Pepaya
Bunga pepaya, daun pepaya, buah pepaya yang masih setengah matang dikenal memiliki kandungan vitamin yang tinggi. Salah satunya adalah vitamin A dan C. selain kedua vitamin tersebut, pepaya juga dapat memenuhi kebutuhan kalium bagi ibu menyusui. Kekurangan kalium dalam tubuh bisa membuat perubahan mood. Bahkan bisa menyebabkan depresi pasca melahirkan sehingga produktifitas ASI akan terhambat.

        Edamame
Salah satu jenis sayuran yang memiliki kandungan vitamin K, mangaan, riboflavin, magnesium, kalium, fosfor, asam folat, zat besi dan vitamin C ini dikenal sebagai bahan makanan sumber protein nabati yang tinggi. Dengan mengonsumsi sayuran edamame, maka kebutuhan protein harian ibu menyusui akan terpenuhi dan bisa dipastikan jika produksi susu tidak akan terganggu.

        Daun Adas
Daun yang satu ini mungkin tidak memiliki nama yang populer seperti jenis sayuran yang lainnya. Namun khasiat yang bisa Anda dapatkan saat mengonsumsi daun adas sangatlah banyak, salah satunya adalah dapat berfungsi sebagai pelancar ASI. Selain sebagai cara melancarkan ASI, daun adas ini juga kerap dijadikan obat untuk mengatasi semua penyakit perut seperti kembung, diare, mual, hingga asma. Anda bisa menggunakan bagian-bagian dari daun adas sebagai obat, baik dari bagian bunga, daun, buah serta bagian batang. Anda bisa mengonsumsi daun adas dengan cara direbus dan dikonsumsi langsung. Air rebusan daun adas juga bisa dikonsumsi.


EmoticonEmoticon