Jumat, 21 Desember 2018

Fitur Anti Lock Braking System Lengkapi Kelebihan Yamaha FreeGo



PT Yamaha Indonesia Manufacturing Motor saat ini memliki produk terbaru dalam pilihan motor matic terbaik. Yamaha FreeGo menjadi sebuah senjata baru bagi perusahaan kenamaan yang satu ini. Pasalnya selain menggunakan mesin 125 cc motor matic dengan desain menarik ini dilengkapi dengan fitur Anti Lock Braking System atau bisa dikenal dengan nama ABS. Seperti kita ketahui jika saat ini produk motor massal telah banyak menggunakan fitur keamanan dan keselamatan standar pabrik.

Jika fitur ABS dulu hanya bisa ditemukan pada motor sport dengan mesin 250 cc, namun saat ini Yamaha memberikan fitur keselamatan pada motor keluran terbarunya yakni Yamaha FreeGo. Anti Lock Braking System menjadi salah satu fitur andalan bagi motor sekutik yang satu ini. Dengan kelebihan-kelebihan lain yang pastinya membuat performa dari motor Yamaha FreeGo menjadi salah satu pilihan yang tepat bagi Anda yang ingin memiliki motor dengan fitur terkini.

Fungsi dari ABS adalah untuk menghindari atau meminimalisasi terjadinya selip ban. Jika sensor pada fitur ini mendeteksi adanya perputaran ban yang mengunci maka fitur Anti Lock Braking System ini akan melakukan pengeraman secara bertahap dan cepat, sehingga terhindar dari ban yang terkunci dan tidak akan mengalami selip ban. Cara kerja dari fitur keselamatan ini cukup sederhana, yakni dengan mendeteksi ada atau tidaknya roda yang mengunci. Saat ditemukan adanya roda yang mengunci maka secara otomatis sensor tersebut akan mengirimkan sebuah sinyal pada sistem modulator.

Modulator kemudian akan memerintahkan piston rem guna mengendurkan tekanan minyak rem atau fuida pada kaliper. Tekanan akan kembali normal dan naik sehingga penguncian berkurang. Proses peningkatan, penahanan, pengurangan fuida yang terjadi berlangsuang sangat cepat yakni berkisar di 10-15 detik saja. Dengan waktu yang super singkat ini ,embuat roda tidak akan terkunci saat terjadinya pengeraman secara mendadak. Fitur ABS sangat bermanfaat saat berada dalam posisi hard braking ataupun panic braking sehingga kemungkinan untuk jatuh bisa lebih berkurang.

Selain kelebihan Anti Lock Braking System yang ditawarkan oeh produk Yamaha Freego, motor matic yang satu ini juga memiliki kelebihan lain yang tidak akan Anda dapatkan pada motor sekutik dengan mesin 125 cc. Kelebihan lain yang ditawarkan Yamaha FreeGo adalah volume bagasi yang mencapai 25 liter. Pengisian bensin motor sekutik ini juga cukup mudah, karena lubang pengisian berada pada area sayap motor Anda tidak perlu lagi repot membuka jok hanya untuk mengisi bahan bakar.

Bukan hanya itu, mesin Bluecore 125cc yang ditanamkan pada motor Yamaha FreeGo juga memberikan suara mesin yang lebih halus saat dinyalakan sehingga dapat memberikan kenyamanan saat berkendara dengan kendaraan yang dikenal irit, handal dan juga bertenaga. Selain memiliki performa mesin yang patut untuk diacungi jempol, fitur lain yang dapat menguntungkan Anda adalah dengan adanya Electric Power Socket. Fitur yang satu ini tentu sangat membantu guna mengisi daya baterai gadget yang Anda miliki saat berkendara.

Yamaha FreeGo juga memiliki ruang pijakan kaki yang cukup luas sehingga membuat pengendara lbih merasa nyaman. Memiliki sistem kunci yang canggih meskipun tanpa anak kunci (keyless). Lampu Hazard dengan pencahayaan lebih terang dan awet yang disematkan pada motor sekutik yang satu ini juga merupakan lampu yang sesuai dengan UU No.22 tahun 2009 pada pasal 121 ayat 1. Dengan kelebihan lain selain ABS pada sistem keselamatan membuat motor sekutik yang satu ini menjadi motor para pencinta motor matic terbaru.


EmoticonEmoticon