Rabu, 05 Desember 2018

Hal-Hal Ini Biasanya Membuat Klaim Asuransi Kendaraan Bermotor Anda Ditolak



Kerugian materi yang disebabkan oleh kecelakaan kendaraan bermotor bukanlah kerugian yang kecil. Tidak hanya kendaraan yang mengalami kerusakan, namun tentunya beban jadi makin besar apabila kecelakaan menimbulkan korban baik pengemudi maupun yang ditabrak. Tetapi dengan asuransi kendaraan bermotor, setidaknya dari segi finansial pemilik kendaraan bisa sedikit lebih lega. Tapi tidak semudah itu mendapatkan biaya pertanggungan dari asuransi, karena ada hal-hal tertentu yang bisa membuat klaim asuransi kendaraan Anda ditolak. Apa saja?

Pengemudi tidak punya SIM

Perusahaan asuransi kendaraan bermotor akan menolak klaim resiko ketika mengetahui ternyata mobil dikemudikan oleh anak di bawah umur atau orang yang tidak memiliki SIM. Orang yang tidak memiliki SIM namun masih nekat mengemudi dianggap sebagai perilaku mengemudi dengan resiko yang diketahui, sedangkan asuransi hanya membayar klaim untuk resiko yang tidak terduga. Selain itu perusahaan asuransi juga mengacu pada aturan hukum di mana orang tanpa SIM mengemudikan mobil adalah tindakan ilegal.

Modifikasi yang tidak dilaporkan

Bukan berarti mobil modifikasi tidak bisa diasuransikan, tetapi bagi Anda yang memodifikasi mobil terutama untuk bagian yang menguras aki dan memiliki nilai di atas Rp. 10 juta sebaiknya segera laporkan kepada pihak asuransi kendaraan bermotor. Biasanya, kendaraan yang dimodifikasi biaya preminya juga naik karena kendaraan modifikasi tentu resiko hilangnya bisa lebih besar karena punya nilai yang tinggi.

Kerusakan karena banjir

Perhatikan lagi klausa atau pasal yang ada di polis asuransi kendaraan bermotor Anda, apakah ada ketentuan tertentu yang membahas mengenai banjir atau tidak. Ada asuransi yang memasukkan resiko banjir ke polis asuransi, ada juga yang tidak memasukkan banjir sebagai bagian dari resiko sehingga klaim atas kerusakan kendaraan akibat banjir akan ditolak. Anda juga bisa mengecek apakah asuransi punya produk manfaat tambahan yang bisa menanggung biaya kerusakan karena bencana banjir tentu dengan tambahan biaya premi.

Mobil digunakan untuk pawai atau karnaval

Mobil yang dihias untuk mengikuti kegiatan pawai atau karnaval kemudian mengalami kecelakaan atau kerusakan, klaimnya biasanya akan ditolak oleh perusahaan asuransi kendaraan bermotor. Hal ini karena penggunaan kendaraan untuk pawai atau karnaval dianggap sebagai penggunaan di atas batas kewajaran.


EmoticonEmoticon