Jumat, 21 Desember 2018

Penyerapan Aspirasi oleh Sandiaga Uno di Jatim



Pada Tanggal 19 Desember, Calon Wakil Presiden nomor urut 02 Sandiaga Uno melanjutkan safarinya ke Jawa Timur. Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu dijadwalkan berada di Blitar untuk melakukan serangkaian acara. Agenda yang pertama adalah pertemuan dengan para ketua DPC partai koalisi di Jalan Diponegoro Kota Blitar pada pukul 15.00. Selanjutnya Sandi dijadwalkan untuk melakukan penyerapan aspirasi langsung dari masyarakat.

Namun sebelum itu, Sandiaga Uno beserta rombongan berziarah ke makam Bung Karno yang terletak di Kelurahan Bendogerit Kota Blitar. Dia kagum melihat di sekitar makam banyak usaha kecil, seperti kuliner, keperluan ibadah, warung oleh-oleh, hingga makanan ringan dan oleh-oleh khas Blitar. Wisata sejarah dan religi seperti makam Bung Karo ini merupakan berkah dan  bisa memakmurkan masyarakat sekitarnya. Usai berswafoto dengan beberapa pengunjung, Sandi menuju pusara Bung Karno untuk memanjatkan doa bersama sejumlah kader partai koalisi.

Dalam kesempatan itu, Sandi mengungkapkan bahwa Presiden Sukarno menjadi salah satu inspirator yang patut diteladani. Salah satu inspirasi dari sang Proklamator adalah tentang 'Berdikari' atau berdiri di atas kaki sendiri, khususnya di bidang ekonomi. Sebagai bangsa yang besar, Indonesia memiliki kekayaan alam yang gemah ripah loh jinawi, sehingga harus mampu dalam mengelola kekayaannya dengan baik. Harapannya motivasi tersebut menjadi semangat optimisme bagi generasi muda dalam membangun Indonesia yang adil dan makmur.

Pada pukul 18.00 hingga 19.00 WIB, Sandiaga dijadwalkan bertemu para peternak ayam dan kelompok tani dari beberapa desa di Desa Suruh Wadang, Kecamatan Kademangan. Pada kesempatan tersebut, Hidayaturrohman sebagai Ketua Persatuan Insan Perunggasan Jawa Timur (Pinsar), berterima kasih kepada Sandi karena telah turut mensejahterakan peternak ayam di Bliar. Seperti yang telah diberitakan sebelumnya Sandiaga Uno yang kala itu menjabat sebagai wakil Gubernur DKI menggagas pembelian telur dari Blitar untuk menjaga pasokan agar harga telur di DKI Jakarta tetap stabil.

Sandi juga menyampaikan pada hadirin yang hadir bahwa fokus misi Paslon Prabowo-Sandi membuat harga-harga kebutuhan pokok menjadi stabil. Termasuk juga penyediaan pakan ternak yang terjangkau, serta penciptaan dan penyediaan lapangan kerja. Kunjungan ke Blitar tersebut diakhiri dengan pertemuan dengan masyarakat di Desa Ngaglik, Kecamatan Srengat sebelum melanjutkan safari ke Tulungagung.

Pada tanggal 20 Desember, kedatangan Sandiaga Uno di Kabupaten Tulungagung mendapat antusiasme dari warga. Pagi itu, Sandiaga menyempatkan diri mengikuti senam zumba di Gor Lembu Peteng, yang tentu saja disambut oleh warga. Meskipun sudah tersohor di lakangan emak-emak, ternyata kedatangan cawapres nomor urut 02 itu juga mendapat perhatian dari kaum disabilitas.

Hal ini ditunjukkan oleh Bapak Sokip, seorang warga Gandusari Trenggalek yang sengaja datang jauh-jauh untuk menemui idolanya tersebut. Ia ingin menyampaikan aspirasinya kepada pasangan Prabowo-Sandi agar lebih memperhatikan kaum disabilitas jika terpilih nanti. Harapannya, kaum difabel diberikan fasilitas umum dan ruang khusus untuk berkreatifitas di seluruh Indonesia.

Selanjutnya Sandiaga melanjutkan kunjungan di Desa Sobontoro, Kecamatan Boyolangu, Kabupaten Tulungagung yang merupakan sentra konveksi pakaian dalam. Ia menerima berbagai keluhan dan tantangan para pengusaha kecil tersebut akibat membanjirnya produk impor terutama dari China. Sandi berharap bahwa perizinan kepada usaha-usaha kecil dipermudah. Karena 97 persen lapangan pekerjaan usaha kecil ini menyerap tenaga kerja. 

Cawapres paslon nomor 02 ini optimistis dengan program dan visi misi pasangan Prabowo-Sandi yang akan memberikan perlindungan kepada pengusaha kecil. Sehingga Tulung agung sebagai sentra konveksi dapat meningkatkan daya saingnya dan menyerap tenaga kerja. Hal ini tentu akan mengurangi banyaknya pengiriman TKI ke luar negeri, karena sudah tersedia lapangan pekerjaan di tanah air.  Sandiaga Uno juga berjanji akan membuat kebijakan yang pro dengan rakyat jika terpilih menjadi wakil presiden mendampingi Prabowo di Pilpres 2019 nanti.


EmoticonEmoticon