Jumat, 28 Desember 2018

Resep MPASI 6 Bulan Homemade Yang Wajib Bunda Ketahui


resep MPASI 6 bulan homemade

Pemberian ASI ekslusif pada bayi secara umum diberikan selama bayi belum berusia 6 bulan. Setelah usia bayi memasuki 6 bulan, maka Bunda akan mulai memperkenalkan bayi dengan makanan pendamping ASI guna memenuhi kebutuhan nutrisi yang berkurang. Dalam proses pembuatan Makanan Pendamping ASI (MPASI) tidak boleh dilakukan dengan sembarangan. Mengingat sistem kekebalan tubuh balita yang masih rentan terhadap penyakit, ada baiknya Bunda menyiapkan sendiri menu makanan balita dengan menggunakan resep MPASI 6 bulan homemade.

Dengan resep MPASI 6 bulan homemade, Bunda tak perlu khawatir dan risau akan kandungan nutrisi yang ada dalam makanan untuk si Kecil serta jaminan kebersihan dan pastinya tanpa bahan peawet sehingga terjamin aman untuk dikonsumsi oleh si Kecil. Untuk itu, jangan pernah merasa bosan atau malas saat menyiapkan menu makanan untuk balita. Pilihan menu makanan homemade lebih baik jika dibandingkan dengan makanan dalam kemasan.

Berikut ini, ada beberapa resep MPASI untuk bayi 6 bulan yang bisa Bunda buat sendiri di rumah. Selain mudah, resep-resep berikut ini juga sangat aman untuk sistem pencernaan dan sebagai makanan pengenalan untuk si Kecil . Resep MPASI 6 bulan homemade yang bisa Bunda buat sendiri akan kami uraikan dibawah ini

     1.       Bubur susu

Makanan pendamping asi yang aman untuk bayi 6 bulan yang pertama adalah bubur susu. Dengan tekstur yang lembut memudahkan bayi dalam menelan bubur yang Bunda berikan. Adapun bahan-bahan yang Bunda butuhkan untuk membuat bubur susu antara lain :
-          Tepung sagu/tepung beras/tepung kacang hijau/tepung maizena (Pilih salah satu, hindari penggunaan tepung terigu)
-          ASI perah secukupnya.
Cara membuat bubur susu cukuplah mudah. Bunda hanya perlu memasak tepung yang akan Bunda jadikan bahan utama bubur dengan sedikit air. Setelah matang, simpan pada mangkuk lalu tambahkan ASIP aduk rata. Bubur susu siap diberikan pada si Kecil untuk memenuhi kebutuhan nutrisi hariannya.

     2.       Puree bayam dan labu kuning

Resep MPASI 6 bulan homemade selanjutnya adalah puree bayam yang dipadukan dengan labu kuning. Untuk membuat makanan ini, Bunda bisa menyiapkan,
-          Daging ayam (cuci bersih, potong kecil-kecil, secukupnya)
-          Bayam ( cuci bersih, lalu potong kecil, secukupnya)
-          Labu kuning (cuci bersih, potong kecil dan secukupnya)
-          ASI Perah
Cara membuat Bunda bisa merebus labu kuning dengan ayam hingga matang, lalu masukkan bayam ke dalam rebusan air hingga memiliki tekstur lunak, tiriskan. Setelah itU, Bunda bisa meghaluskan semua bahan dengan blender, lalu saring. Langkah terakhir Bunda bisa memasukkan ASIP ke dalam puree bayam dan labu kuning.

      3.       Puree avocado

Puree buah bisa menjadi salah satu pilihan resep MPASI 6 bulan homemade bagi Bunda yang tengah bingung untuk memberikan makanan pada bayi 6 bulan. Bunda bisa membuat berbagai macam puree buah-buahan seperti apel, pepaya, pisang dan juga avocado. Untuk membuat puree buah bnda hanya membutuhkan bahan utama atau buah yang akan Bunda jadikan MPASI homemade. Cukup cuci bersih buah, lalu potong kecil-kecil, untuk buah yang memiliki tekstur keras, Bunda bisa mengukusnya terlebih dahulu. Namun untuk puree avocado, Bunda cukup menghaluskan buah avocad hingga memiliki tekstur lembut dan tambahkan asip hingga memiliki tekstur yang pas.

Selain ketiga resep MPASI 6 bulan homemade di atas, Bunda juga bisa memberikan asupan nutrisi pada si Kecil dengan memberikan bubur kacang hijau. Beberapa resep di atas bisa Bunda jadikan refremnsi dalam memebuhi kebutuhan nutrisi si Kecil agar tumbuh kembangnya bisa berjalan secara optimal. Sebagai orang tua, Bunda wajib memperhatikan jumlah asupan makanan agar seimbang dengan gizi yang si Kecil dapatkan.


EmoticonEmoticon