Jumat, 21 Desember 2018

Tips Menjadi Desainer Grafis Mumpuni




Memutuskan untuk memiliki karir sebagai seorang designer grafis, tentunya menuntut Anda untuk dapat bekerja secara profesional.  Hal ini berkaitan dengan kepuasan klien yang telah menggunakan jasa desain baik untuk berbagai keperluan seperti pembuatan iklan, brosur, dan lain sebagainya.
Designer grafis selalu dituntut agar menjadi kreatif di dalam dunia kerja yang dinamis. Mampu menerima ide-ide terbaru dan kemudian mengaplikasikannya kepada desain yang dapat memuaskan keinginan klien yang datang kepada Anda. Berikut beberapa tips agar menjadi seorang perancang grafis yang mumpuni di bidangnya:
       Wajib Menjadi Kolektor
               Seorang perancang grafis haruslah peka terhadap situasi serta kondisi di sekitarnya dan selalu berkomitmen untuk meningkatkan kemampuannya. Jika Anda menemukan berbagai macam brosur atau bahkan poster dan berbagai macam bentuk desain yang menarik. Bawalah pulang untuk disimpan atau disimpan ke dalam sebuah file di komputer. Sehingga ketika membutuhkan inspirasi, dapat membuka file tersebut.

       Mengoleksi Buku
                Menjadi haus akan ilmu-ilmu teranyar yang berhubungan dengan desain haruslah menjadi sifat seorang perancang grafis. Dari buku ini akan Anda dapati berbagai referensi yang menarik untuk membantu meningkatkan kualitas karya.

       Rajin Membaca Blog
            Selain mengoleksi berbagai buku yang berkaitan dengan desain, perancang grafis juga dituntut untuk rajin membaca blog. Dari berbagai blog yang Anda kunjungi, bisa saja akan didapatkan berbagai ilmu atau referensi yang belum pernah ditemui. Kemudian hal baru tersebut dapat diaplikasikan kepada karya desain yang dimiliki.

       Daur Ulang Desain Lama Anda
             Ada kalanya beberapa desain yang pernah dibuat tidak memenuhi ekspektasi Anda. Itu sebabnya melihat dan mendaur ulang kembali sebuah desain yang tersimpan lama akan menjadi tantangan tersendiri. Dengan proses daur ulang ini bisa ditemui berbagai kekurangan yang terdapat pada desain tersebut. Melalui hal ini Anda dapat belajar dari kesalahan sehingga dapat menghasilkan karya yang jauh lebih baik dari sebelumnya.

       Gabung Komunitas Desain
                Memiliki jaringan adalah hal yang terpenting. Apabila jika Anda adalah seorang freelancer. Dengan bergabung bersama komunitas desain, dapat memiliki jaringan yang mungkin saja dapat membawa kepada job-job yang menghasilkan rupiah.
            Selain itu bergabung bersama komunitas akan memudahkan untuk mendapatkan hal-hal terbaru atau ilmu yang berkaitan dengan desain grafis.

       Mampu Memahami Karakter Perusahaan/Klien
                   Tips menjadi seorang perancang grafis yang handal tentu saja harus memiliki kemampuan untuk memahami karakter klien. Selain itu juga harus bisa mewujudkan keinginan klien dalam bentuk desain yang unik dan menarik. Selama desain yang dibuat sesuai dengan harapan klien, bukan tidak mungkin mereka akan kembali menggunakan jasa Anda di lain waktu.

       Miliki Ciri Khas
                     Untuk memiliki ciri khas ini, Anda harus rajin mengekplorasi kemampuan dalam membuat desain. Bisa dilakukan dengan cara rajin membuat sketsa dan berbagai hal lainnya. Ciri khas ini dapat berupa penggunaan tone atau tipografi yang berbeda dengan desainer lainnya.

       Miliki Portofolio
               Mempunyai portofolio yang berisikan kumpulan hasil desain Anda adalah sebuah keharusan. Karena jika mencari pekerjaan atau bertemu dengan klien yang pertama kali diminta adalah portofolio.
Buatlah sebuah portofolio yang menarik dan menggugah klien agar mau menggunakan jasa Anda.
Selain beberapa tips di atas, menjadi seorang designer grafis haruslah memiliki niat sekaligus kemauan yang kuat. Ada banyak tantangan yang harus dihadapi dengan kesabaran di setiap harinya. Paling penting untuk menjadi desainer grafis adalah memiliki sifat fleksibel terhadap segala perubahan.


EmoticonEmoticon