Senin, 21 Januari 2019

5 Penyebab Nafsu Makan Hilang Saat Hamil Muda


orami magazine


Saat hamil tubuh Anda akan membesar. Selain adanya janin di dalam rahim juga bertambahnya nafsu makan bisa menjadi penyebabnya. Anda bisa mengorek informasi di Orami Magazine. Saat hamil muda nafsu makan Anda akan hilang. Bahkan tidak ingin makan sama sekali. Mengapa hal ini bisa terjadi? Berikut penyebab nafsu makan hilang saat hamil muda.

1. Mual

Pernahkah Anda merasa seperti di perjalanan saat hamil muda? Rasa mual ini akan menghantui ibu yang hamil muda. Khususnya kondisi ini sering kali dianggap sepele dan seperti kebiasaan orang hamil. Namun, Anda harus cukup waspada jika kondisi ini tak kunjung berhenti.

Penyebab pertama hilangnya nafsu makan saat hamil muda yakni mual. Anda bisa merasakan mual dan merasa semua makanan akan keluar lagi. Mual hingga muntah serta morning sickness sering terjadi saat pagi hari. Jika Anda mengalami mual yang parah maka akan berisiko pada dehidrasi secara berkepanjangan dan menyebabkan kekurangan gizi. Sebaiknya cepat ke dokter.

2. Perubahan Hormon

Saat hamil, Anda akan mengalami beberapa perubahan hormon. Terutama pada hormon progesteron akan meningkat dan membuat penebalan pada dinding rahim. Sehingga Anda butuh adaptasi untuk mengakomodasi hal ini. Salah satu efek samping dari peningkatan progesteron juga terjadi gangguan sistem pencernaan yang bisa membuat nafsu makan Anda menurun.

Perubahan hormon pada ibu hamil juga menyebabkan banyak kondisi, meski kondisi ini merupakan tanda awal terjadinya kehamilan. Anda bisa melihat beberapa hal yang terjadi pada wanita hamil di Orami Magazine. Banyak hal yang diperbolehkan maupun dianjurkan selama kehamilan di usia muda. Anda bisa mempelajarinya secara pelan-pelan.

3. Sembelit

Sembelit memang menjadi kasus yang sering dialami ibu hamil. Hal ini dikarenakan telah terjadi peningkatan hormon progesteron. Jika Anda mengalami sembelit, maka bisa jadi Anda akan mengeluarkan tinja yang keras dan mengalami kesulitan dalam buang air besar. Hal ini juga berefek pada nafsu makan yang berkurang. Padahal perut terkuras secara terus-menerus.

4. Pertumbuhan Janin

Penyebab lain kehilangan nafsu makan saat hamil muda yakni pertumbuhan janin. Kondisi ini akan membuat Anda merasa tidak lapar. Anda juga akan merasakan seolah kenyang terus. Padahal kebutuhan gizi untuk bayi dan kesehatan belum tercukupi. Oleh karenanya, usahakan tetap mengonsumsi makanan meski dalam porsi kecil.

5. Stres

Pemicu kehilangan nafsu makan juga disebabkan oleh stres. Pikiran yang terlalu berat sangat berbahaya bagi kesehatan ibu dan janin. Dampak buruk yang mungkin saja bisa terjadi yakni Anda mengalami malas makan, bahkan tidak ingin makan sama sekali. Meski begitu, Anda harus bisa mengontrol emosi dan usahakan untuk tetap merasa bahagia selama hamil muda.

Penurunan nafsu makan saat hamil muda tidak baik untuk ibu maupun janin yang dikandung. Kondisi ini jika terus menerus berlangsung akan berbahaya. Anda bisa mengintip beberapa tips selama kehamilan di Orami Magazine agar bisa mengatur makan, konsisi tubuh, hingga gaya hidup sehat untuk ibu hamil.

1 komentar

informasi yang bermanfaat terima kasih gan monggo dikunjungi juga www.bayikuid.com untuk kebutuhan gendongan bayi


EmoticonEmoticon