Rabu, 30 Januari 2019

Wajib Baca! Inilah penyebab bau mulut tidak sedap

bau mulut

Bau mulut tak sedap atau nafas bau tak sedap dalam dunia kedokteran disebut halitolisis. Apa itu? Yaitu nafas bau yang tidak enak, yang tidak menyenangkan yang masuk ke hidung. Banyak orang tidak menyadari kalau dia bau mulut, karena memang susah untuk membau mulut sendiri atau nafas sendiri. Biasanya si empunya baru sadar saat ada orang yang tiba-tiba menutup mulut saat dia datang atau berbicara dan tiba-tiba semua orang pergi dan menghindar. Tak jarang memang ba mulut ini akan menjauhkan si empunya dengan lingkungannya. Gak mau kan kita bau mulut?

Tingkat keparahan bau mulut memang berbeda-beda, ada yang masih wajar atau bisa ditolerir, yaitu saat bau mulut itu baru akan tercium kalau kita benar-benar berhadapan dengan si empunya empat mata, ada juga yang sangat parah, yaitu baru jarak berapa meter saja dari kita, kita sudah mencium baunya. 

Bau mulut itu bisa langsung dan tidak langsung, artinya apa? Yaitu kita langsung menjadi bau mulut ketika habis makan sesuatu, misal jengkol, petai, bawang, dll. Dan juga bisa juga karena tak langsung, ini bisa dari proses yang lama dari mulut sendiri atau dari penyakit sistemik atau sistem tubuh. 

Bau mulut sumbernya macam-macam, ada yang dari mulut sendiri atau dari dalam tubuh. Tapi 90% adalah dari mulut sendiri. Dan dari mulut yang paling berhubungan dengan halitosis atau bau mulut ini adalah “lidah” karena lidah menghasilkan senyawa-senyawa yang berbau busuk dan asam lemak. Penyebab paling mendasar yaitu adanya lapisan yang menutupi permukaan bagian belakang lidah atau lebih tepatnya ada bakteri yang hidup di lapisan tersebut yang menimbulkan bau karena dalam mulut memang tempat berkumpulnya bakteri anaeorob yang berfungsi untuk menguraikan protein yang kita makan. 

Dari proses tubuh itu berarti memang dalam mulut akan tetap menghasilkan bau secara alami. Lalu mengapa ada orang yang bau mulut, mengapa ada yang tidak, padahal proses tubuhnya harusnya sama? Ada faktor dari luar yang bisa kita kendalikan agar kita tidak bau mulut. Apa itu? Yang terpenting adalah menjaga kebersihan gigi dan mulut karena dengan kita bersihkan sisa-sisa makanan akan hilang, yang mana jika sisa-sisa makanan itu kita biarkan akan menimbulkan munculnya bakteri yang akan mengeluarkan bau busuk, dan juga kita bisa mengatur jenis makanan apa yang akan kita makan. mulut kita memiliki Ph 6,5. Jika angka itu naik makan akan terjadi alkali dan menimbulkan bau busuk, apalagi jika menjapai pH 7,2 ke atas akan menimbulkan lebih banyak lagi bakteri yang hidup disana.

Sekarang kita telaah lebih dalam lagi penyebab bau mulut ya, agar kita lebih aware.
  1. Kurangnya kebersihan mulut
  2. Pola makan
  3. Ini sangat menentukan karena penguraian protein dari bakteri akan menghasilkan gas yang berbau. Sehingga mengkonsumsi banyak makanan yang mengandung protein dapat menimbulkan bau mulut.
  4. Lapisan mukosa pada mulut yang mengandung jutaan bakteri
  5. Karies gigi
  6. Radang gigi
  7. Resesi gusi
  8. Plak dan karang gigi
  9. Luka pada mulut
  10. Penyakit kelenjar ludah
  11. Tonsilitis atau amandel
  12. Gigi palsu yang kotor
  13. Tembakau
  14. Merokok
  15. Kencing manis
  16. Puasa dan dehidrasi
  17. Penyakit hati
  18. Penyakit perut
  19. Penyakit paru-paru
Kalau kita sudah tau apa saja penyebab bau mulut, kita bisa menghindarinya dan mencegahnya.


EmoticonEmoticon