Selasa, 27 Agustus 2019

Antisipasi Masalah Pada Masa Kehamilan




Berita Update - Ketika hamil ada kemungkinan anda akan mengalami berbagai masalah yang harus diperhatikan, hal ini termasuk kram saat hamil, bolak-balik ke kamar mandi untuk buang air kecil, mules, varises, gangguan pencernaan, sembelit, sakit punggung, sariawan hingga wasir. Ketika anda mulai merasakan masalah-masalah di atas, anda harus bisa mengatasinya sendiri (bila tidak berbahaya), jadi anda tidak perlu datang ke dokter terus-menerus. 

Untuk itulah anda harus membaca artikel ini hingga selesai, karena disini akan dijelaskan masalah-masalah yang sering dihadapi ibu hamil dan bagaimana cara mengatasinya tanpa menggunakan obat-obatan. Berikut adalah penjelasan lengkapnya:

1.    Kram
 
Kram adalah masalah yang sering dialami ibu hamil, biasanya kram terjadi di paruh kedua kehamilan dan seringnya pada malam hari. Untuk mencegah kram, ada beberapa hal yang bisa anda lakukan.

·    Melakukan peregangan pada betis. Caranya dengan berdiri dengan jarak 1 rentangan lengan antara tubuh dan dinding. Posisi menghadap ke dinding, kaki kanan berada di belakang kaki kiri. Secara perlahan tekuk kaki kering dengan menghadap ke depan sambil menjaga lutut kanan tetap lurus dan tumit menjajak lantai. Tahan posisi tersebut selama 30 detik. Pertahankan punggung lurus dan pinggul ke arah depan. Dilarang untuk memutar kaki ke arah dalam maupun luar. Ganti kaki yang satunya lagi dan ulangi proses tersebut. 
  •  Aktif bergerak sepanjang hari 
  • Jangan lupa mengkonsumsi suplemen magnesium 
  • Cukupi kebutuhan cairan tubuh
  •  Gunakan alas kaki yang nyaman 
  • Ketika mengalami kram, anda harus meluruskan kaki anda dan tarik jari kaki ke arah lutut. Posisi ini akan membantu meregangkan otot betis dan mengurangi rasa sakit.
2.    Sembelit/ susah buang air besar
 
Sembelit pada awal kehamilan adalah hal yang wajar karena terjadi perubahan hormonal dalam tubuh. Untuk mencegah, mengurangi sakit dan mengobati sembelit, ada beberapa hal yang bisa anda coba:
  • Konsumsi makanan yang tinggi akan serat, contohnya sereal, sayur, buah, roti gandum dan kacang-kacangan setidaknya sebanyak 40 gram per hari (tidak untuk yang memiliki alergi gluten ataupun kacang). 
  • Rutin melakukan olahraga ringan untuk menjaga otot agar tetap kencang. Olahraga ringan yang bisa dilakukan adalah jalan kaki beberapa menit setiap harinya. 
  • Konsumsi cairan lebih banyak, setidaknya 8 gelas air putih setiap hari 
  • Hindari konsumsi suplemen zat besi karena bisa memperparah sembelit.

3.    Wasir

Wasir bukanlah sebuah kondisi yang harus didiamkan. Wasir tidak hamil saja sudah menjadi suatu hal yang merepotkan, selain tidak bisa buang air besar dengan lancar, anda juga tidak bisa duduk dengan nyaman. Apalagi jika anda mengalami wasir ketika sedang hamil. Oleh sebab itulah anda harus memperbaiki pola makan anda agar tidak sampai mengalami wasir.

4.    Buang air kecil terus-menerus

Buang air kecil ke kamar mandi pada ibu hamil sudah akan mulai terasa pada minggu ke-12 hingga minggu ke-24. Setelahnya frekuensi buang air kecil akan mulai kembali normal. Nah, untuk mengurangi cairan yang harus dikeluarkan (buang air kecil), maka cara yang bisa anda lakukan adalah mengurangi asupan cairan yang masuk terutama ketika menjelang tidur. Akan tetapi jangan terlalu ekstrim mengurangi cairan (minum) karena bayi di dalam kandungan juga membutuhkan asupan cairan yang cukup. Bahkan selama masa kehamilan, beberapa ibu hamil diminta untuk berayun ketika buang air kecil untuk mengurangi tekanan dari rahim di kandung kemih, dengan begitu ibu hamil bisa mengosongkan kandung kemih dengan benar.

5.    Perut kembung dan maag

Gangguan pada saluran pencernaan seperti lambung terjadi akibat perubahan hormonal ketika hamil. Gangguan ini juga disebabkan karena pertumbuhan rahim yang akan terus tumbuh hingga menekan perut. Dalam beberapa kasus ibu hamil yang mengalami kembung dan maag, anda bisa mengontrolnya dengan melakukan diet yang sesuai. Untuk tahu diet seperti apa yang cocok, anda harus berkonsultasi dengan dokter. Selain itu anda juga bisa menghindari kembung dengan mencoba beberapa cara di bawah ini:

  • Makanan dalam porsi yang lebih kecil 
  • Hindari makanan yang pedas dan berlemak 
  • Jangan langsung tiduran setelah makan 
  • Tingkatkan sanggahan kepala ketika tidur


EmoticonEmoticon