Minggu, 20 Oktober 2019

Memahami Cara Pendaftaran Merek Dagang


Ketika sebuah brand baru muncul maka para pemilik perusahaan tersebut harus tahu peraturan pendaftaran merek dagang. Dengan memahami peraturan tersebut maka para pemilik perusahaan akan menjadi lebih mudah dalam mempromosikan brand baru miliknya. Bagi sebuah perusahaan baru memiliki nama brand tidak lah semudah yang di bayangkan. Terdapat beberapa tahap yang harus dilakukan oleh para pemilik perusahaan agar brand yang telah dibuat tersebut di setujui. Walau terlihat sekilas cukup rumit akan tetapi cara pendaftaran merek dagang tenyata cukup mudah. Kemudahan ini apabila seorang pemilik perusahaan memahami secara pasti syarat-syarat yang harus dipenuhi ketika akan mendaftarkan sebuah merek dagang. Terdapat beberapa tahapan dan hal-hal yang harus dilakukan oleh para pemilik perusahaan ketika ingin mendaftarkan merek dagang mereka. 

Berikut hal-hal yang harus dilakukan oleh para pemilik perusahaan ketika ingin mendaftarkan merek dagang mereka yang baru :


1.    Melakukan penelusuran merek

Sebelum mendaftarkan merek dagang hal pertama yang harus dilakukan oleh pemilik merek dagang tersebut adalah melakukan penelurusan merek. Penelusuran ini dilakukan agar tidak terjadi kesamaan merek yang akan di daftarkan dengan merek lain yang sudah ada. Hal ini pula untuk menghindari potensi plagiat yang bisa saja dilakukan oleh oknum-oknum tidak bertanggung jawab yang memanfaatkan ketenaran sebuah brand untuk mengambil keuntungan. Ketika melakukan penelusuran maka seorang pemilik brand tersebut akan tahu apakah brand yang akan mereka daftarkan bisa masuk persyaratan atau tidak.

2.    Lengkapi persyaratan

Hal yang kedua adalah melengkapi persyaratan. Persyaratan adalah hal utama dan penting yang harus dipenuhi oleh setiap pemilik brand. Persyaratan yang digunakan untuk mengajukan merek dagang tidak lah sulit. Persyaratan umum bagi seorang pendaftar merek dagang antara lain adalah nomor pokok wajib pajak atau NPWP, data diri pemohon serta beberapa persyaratan lain seperti merek dagang yang diajukan serta daftar barang yang akan dipakai untuk merek dagang tersebut. Persyaratan ini tergolong sangat mudah hampir semua Pemiliki merek dagang baru dapat memenuhinya. Setelah berhasil memenuhi persyaratan maka para pendaftar merek dagang ini harus mengisi formulir pendaftaran

3.    Konfirmasi

Setelah mengisi formulir pendaftaran maka hal yang selanjutnya harus dilakukan oleh para pemilik merek dagang adalah menunggu konfirmasi. Ketika formulir diajukan maka instansi yang berwenang akan memeriksa pengajuan tersebut dan memeriksa merek dagang yang akan di daftarkan. Pihak berwenang akan memeriksa apakah merek dagang tersebut original ataukah plagiat dari sebuah merek dagang lain. Setelah melakukan pemeriksaan secara seksama maka para pengaju merek dagang baru akan mendapat konfirmasi bahwa mwrek dagang mereka diterima ataupun di tolak.

4.    Penerbitan sertifikat

Ketika berhasil lolos dan menerima hak untuk memakai merek dagang tersebut,para pemilik merek dagang akan diberikan sertifikat. Sertifikat ini berguna untuk meresmikan merek dagang tersebut sehingga para pemilik merek dagang bisa secara bebas menggunakannya tanpa perlu terkena masalah ataupun dianggap plagiat oleh banyak merek dagang lain. Hal ini akan sangat membantu untuk proses bisnis yang dijalani oleh para pemilik merek dagang.

5.    Pemeriksaan kembali

Setelah penerbitan sertifikat telah selesai apabila pengajuan merek dagang dirasa belum sempurna maka pengaju atau pemilik usaha dapat mengajukan pemeriksaan kembali. Hal ini untuk menghindari terjadinya kesalahan-kesalahan kecil yang bisa saja terjadi karena efek human eror. Akan tetapi secara umum setelah sertifikat diterbitkan maka merek dagang tersebut telah resmi menjadi milik orang atau perusahaan tersebut.


EmoticonEmoticon