Rabu, 18 Maret 2020

Cara Memperbaiki Pipa PVC Tersumbat Tanpa Harus Membongkar



Instalasi pipa PVC tersumbat? Tidak perlu khawatir, Anda bisa memperbaikinya sendiri tanpa perlu memanggil tukang. Bahkan, perbaikan ini tidak perlu membongkar instalasi yang sudah dibuat sebelumnya.
Pipa tersumbat sudah menjadi masalah yang paling sering terjadi. Hampir setiap pemilik rumah pernah mengalaminya. Jika mengalami hal demikian, pastinya bikin jengkel. Apalagi jika beberapa cara yang dipraktekkan belum berhasil.
Apabila Anda saat ini mengalami masalah tersebut, tidak perlu buru-buru membongkar ataupun memanggil tukang. Coba praktekkan cara sederhana di bawah ini.
Tips Hilangkan Sumbatan Pada Instalasi Pipa
Ketika instalasi pipa PVC di rumah mampet, ada banyak cara yang bisa ditempuh. Salah satunya ialah memanfaatkan bahan baking soda dan cuka. Bahan-bahan yang mudah ditemukan ini nyatanya bisa bermanfaat untuk kebutuhan tersebut.
Cara kerjanya ialah dengan menghancurkan sumbatan berupa endapan keras. Hancurnya endapan nantinya akan membuat saluran pipa kembali lancar. Nah, bagaimana cara memanfaatkannya?
Langkahnya sendiri dimulai dengan mempersiapkan bahan-bahan tersebut. Setelah bahan tersedia, Anda bisa memulai untuk mempraktekkannya.
Caranya dengan memasukkan baking soda terlebih dahulu ke dalam lubang pipa. Tabur kedalamnya. Setelah itu, masukkan cuka ke dalam pipa yang sama.
Agar bahan ini bisa meresap masuk ke bagian endapan/sumbatan, aliri dengan air panas. air panas ini akan membawa masuk bahan tersebut ke bagian sumbatan. Untuk mempertegasnya, bantu dengan dorongan alat yang bisa masuk ke pipa tersebut. Contohnya gagang spatula atau semacamnya.
Jika sudah, tutup pintu masuk pipa yang sudah ditaburi dengan bahan-bahan tersebut. Diamkan selama beberapa menit. Semakin lama, hasilnya akan semakin baik.
Mendiamkan baking soda dan cuka dengan air panas ini dimaksudkan agar bereaksi dengan endapan. Ketika bahan ini bereaksi, endapan akan hancur ataupun melunak.
Selang beberapa menit, buka kembali penutup pipa. Anda bisa mencoba untuk mengalirkan air dingin melalui saluran pipa. Perhatikan apakah sudah ada perubahan atau belum.
Normalnya, perubahan akan terlihat dengan saluran sudah semakin lancar. Maksudnya, air sudah bisa merembes dan tidak menggenang ketika dialiri air.
Jika dirasa hasilnya masih belum maksimal, ulangi cara tersebut. Kemudian diamkan lebih lama sebelum akhirnya dialiri dengan air kembali. Maka, Anda akan melihat bahwa instalasi pipa yang tadinya mampet akan lancar seperti sedia kala.
Itulah bagaimana cara Anda mengatasi instalasi pipa yang mampet. Praktekkan cara tersebut dan pastikan instalasinya dalam kondisi baik sehingga lebih tahan lama. Mengenai pipa yang sudah teruji kualitas dan keawetannya, pipa PVC dari Rucika adalah jagoannya.


EmoticonEmoticon