Kamis, 19 Maret 2020

Kelebihan Investasi Reksadana Campuran Yang Wajib Kamu Ketahui



Berinvestasi merupakan sebuah hal yang penting dan mungkin bisa Anda pikirkan untuk masa depan nantinya. Investasi reksadana menjadi sebuah pilihan yang tepat dikala banyaknya instrumen investasi yang ada. Belum lagi reksadana memiliki resiko yang cukup rendah sehingga aman untuk dipilih. 

Salah satu jenis reksadana yang juga sering menjadi pilihan banyak orang adalah reksadana campuran. Reksadana campuran ini sangat pas untuk Anda yang ingin berinvestasi dalam jangka waktu menengah antara 3-5 tahun. Lalu apa kelebihan dari reksadana campuran? Berikut ini ulasan selengkapnya. 

1.       Insentif pajak

Kelebihan pertama reksadana campuran adalah terletak pada insentifnya pajak. Pengenaan pajak yang ringan jika dibandingkan dengan obligasi langsung membuat reksadana menjadi pilihan. Diketahui obligasi reksadana dikenakan pajak mencapai 5% sementara untuk obligasi langsung dikenai pajak hingga 15%. 

2.       Adanya diversifikasi investasi

Reksadana campuran memiliki prinsip yakni sebisa mungkin menaruh modal tidak hanya di satu instrumen investasi melainkan di lebih dari satu instrumen. Hal ini agar resiko bisa tersebar sehingga bisa diminimalisir. Inilah yang kemudian dinamakan diversifikasi investasi. 

3.       Bisa digunakan untuk dana pendidikan anak

Kelebihan lain yang cukup menjanjikan dari reksadana campuran adalah bisa digunakan untuk dana pendidikan anak. Dana pendidikan seiring berjalannya waktu terus meningkat dan Anda pun perlu untuk mempersiapkannya agar anak Anda bisa tetap berpendidikan tinggi. Karena merupakan investasi jangka menengah maka reksadana campuran ini sangat cocok untuk Anda gunakan keuntungannya untuk dana pendidikan anak. 

4.       Sebagai dana persiapan pensiun

Sama seperti halnya dana pendidikan anak, investasi reksadana campuran juga bisa digunakan sebagai dana persiapan pensiun. Tercatat instrumen reksadana campuran bisa mencetak return hingga 15% dalam kurun waktu satu tahun karena sahamnya yang biasanya terdiri dari saham. Meski tidak menjanjikan keuntungan reksadana yang lebih besar dari reksadana saham, namun reksadana campuran juga bisa memberikan keuntungan yang menarik. 

5.       Sebagai uang muka rumah

Investasi memang tidak ada ruginya namun justru memberi keuntungan lebih. Reksadana campuran bisa Anda gunakan keuntungannya sebagai uang muka rumah. Ini sangat pas untuk Anda keluarga baru yang ingin membangun rumah namun, membutuhkan dana yang cukup banyak dalam waktu yang cukup cepat. 

Berinvestasi kini semakin mudah dengan adanya platform online. Salah satunya adalah Amartha yang memungkinkan Anda untuk berinvestasi reksadana dengan cepat dan mudah. Ada banyak sekali keuntungan yang bisa Anda raih mulai dari keuntungan hingga 15% pertahunnya serta adanya cashflow mingguan yang bisa Anda dapatkan. 

Belum lagi angsuran yang dibayarkan bisa Anda ambil kapanpun Anda inginkan. Amartha telah menjadi kepercayaan banyak orang apalagi banyak orang yang telah merasakan kemanfaatan berinvestasi di Amartha. Jadi tunggu apalagi, kini giliran Anda untuk bergabung dengan Amartha.


EmoticonEmoticon