Rabu, 06 Mei 2020

Pengertian Investasi Reksadana dan Apa Saja Keuntungannya?

 
Pengertian investasi merupakan suatu langkah untuk membuat uang atau harta yang anda miliki bisa berkembang. Pemahaman secara sederhana investasi adalah mendapatkan keuntungan aset yang lebih baik di masa mendatang demi mewujudkan berbagai tujuan anda seperti membangun rumah, menyekolahkan anggota keluarga, maupun membuka usaha. Salah satu wadah investasi yang terkenal terpercaya di Indonesia adalah Reksadana.

Pengertian Reksadana merupakan tempat sekaligus menjadi sistem pengelolaan dana maupun modal bagi para investor yang melakukan investasi dengan berbagai macam instrumen investasi yang sudah tersedia pada pasar modal melalui cara pembelian unit penyertaan reksadana. Investasi Reksadana akan membuat dana maupun asset anda diolah oleh Manajer Investasi atau MI guna diinvestasikan dalam portofolio investasi yang berupa saham, obligasi, pasar uang, ataupun efek dan sekuriti lainnya.

Reksadana memiliki pengertian hukum yang merujuk Undang-undang Pasar Modal nomor 8 Tahun 1995 pasal 1, ayat 27 dengan bunyi “Reksadana adalah wadah yang dipergunakan untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal untuk selanjutnya diinvestasikan dalam portofolio efek oleh Manajer Investasi.

Dari kedua pengertian tersebut, dapat disimpulkan bahwa Reksadana memiliki empat unsur penting yaitu sebagai berikut.
1.      Reksadana merupakan kumpulan dana dari pemilik atau investor.
2.      Diinvestasikan pada efek yang dikenal dengan instrumen investasi. 
3.      Reksadana tersebut dikelola oleh manajer investasi.
4.      Reksadana tersebut merupakan instrumen jangka menengah dan panjang

Dalam sistem Reksadana, manajemen investasi melakukan pengolahan berbagai dana yang selanjutnya ditempatkannya dalam bentuk surat berharga dan merealisasikan nilai untung maupun rugi serta menerima dividen atau bunga yang telah dibukukan dalam Nilai Aktiva Bersih (NAB) pada daftar di dalam Reksadana tersebut.

Harta yang diolah oleh manajer investasi dari Reksadana tersebut wajib untuk disimpan dalam bank kustodian yang tidak terafiliasi dengan manajer investasi. Bank kustodian tersebut akan berperan sebagai wadah penitipan secara kolektif dan administratur.

Cara investasi di Reksadana tergolong cocok bagi pemula maupun yang sudah berpengalaman. Wadah tersebut sudah memiliki kekuatan hukum yang bisa dipercayai para investor sehingga anda tidak perlu khawatir lagi tentang kemungkinan penipuan di dalamnya. Sebelum anda melakukan pendaftaran, nantinya anda akan diberikan penjelasan terkait sistem pengolahan uang di dalamnya jika anda merupakan pemula.

Reksadana sendiri pertama kali dibentuk dengan nama Massachusetts Investors Trust (MIT) yang diresmikan pada tanggal 21 Maret 1924. Dalam waktu yang hanya satu tahun setelah peresmian, MIT sudah mempunyai 200 investor dengan total aset senilai US$ 392.000. Ketika tahun 1929 saat bursa saham anjlok, pertumbuhan reksadana mengalami perlambatan hingga mengeluarkan undang-undang Surat Berharga dalam Kongres Amerika tahun 1933 “Securities Act of 1933” dan Undang-undang Bursa Saham 1934 “Securities Exchange Act of 1934”. Saat ini pertumbuhan Reksadana sudah sangat maju sehingga merupakan opsi yang menarik untuk masuk dalam wadah ini.


EmoticonEmoticon