Rabu, 29 Juli 2020

Rayap, Serangga Pembuat Resah: Jasa Anti Rayap Bekasi


Rayap adalah golongan serangga sosial yang merupakan anggota dari  infraordo Isoptera dan bagian dari ordo Blattodea (kecoa) yang sudah dikenal secara luas sebagai hama yang sangat penting untuk  kehidupan manusia.  Rayap hidupnya bersarang pada kayu. Untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, rayap juga akan memakan kayu yang ia tempati seperti kayu perabotan rumah tangga atau kayu kerangka rumah sehingga bagi manusia rayap ini sungguh musuh yang nyata karena banyak menimbulkan kerugian secara ekonomi. 

Rayap juga masih berkerabat dengan hewan semut, yang juga merupakan bagian dari  serangga sosial. Bahkan dalam bahasa Inggris, hewan rayap ini disebut dengan "semut putih" (white ant) karena selain sama-sama sebagai anggota serangga sosial, rayap dan semut juga memiliki kemiripan dalam perilakunya.

Makanan utama rayap selain selulosa yang ada  pada kayu, rayap juga memakan selulosa yang ada pada sabuk kelapa, rumput, kertas, karton, bahan tekstil, dan juga kulit-kulit tanaman. Selain itu, mereka juga akan mengkonsumsi jamur sebagai bahan makanannya. Bahkan kelompok rayap yang dari sub famili Mastotermetinae atau famili Termitidae, mereka  membudidayakan jamur Termitomyces atau Basidiomycetes dalam koloninya, jamur yang dibudidayakan ini akan  dimakan oleh anggota koloninya yang masih muda. 

Sebagian rayap jenis tertentu juga ada yang mengkomsumsi tanah yang memiliki kandungan mineral, karbohidrat, mikroorganisme tanah, dan juga polyphenolic. Bahkan sekitar 60% dari famili termitidae malah mengkomsumsi tanah sebagai bahan utama makanannya. Hal ini juga sangat meresahkan para manusia karena rayap akan memakan tanah tidak pada tempatnya. Kadang tanah2 yang ada di bawah ubin rumah yang bolong yang sedang kita tinggali, bahkan kadang membawa tanah dari luar untuk dibawa ke rumah kita. Melihat hal itu banyak manusia yang berbondong-bondong mencari apa yang sekiranya bisa untuk mengusir rayap-rapap tersebut dari rumah-rumah kita. 

Melihat keresahan masyarakat ini, banyak bermunculan jasa anti rayap, salah satunya adalah jasa anti rayap bekasi. Mereka akan menawarkan jasa pembasmi rayap dengan menggunakan bahan-bahan kimia yang ramah lingkungan. Mereka pun bisa membasmi bahkan sejak sebelum bangunan rumah jadi alias masih pondasia atau bahkan masih galian pondasi. Di jaman-jaman seperti sekarang jasa anti rayap seperti jasa anti rayap bekasi ini adalah solusi terbaik yang dinanti oleh seluruh masyarakat.

Jika tidak dibasmi, seperti dijelaskan di atas, rayap ini akan sangat mengganggu kehidupan manusia, karena rayap akan merusak segala perabotan rumah tangga khususnya yang terbuat dari bahan kayu. Selain itu rayap juga akan membuat bangunan rumah kita menjadi tidak kuat lagi karena tanah di bawahnya sudah dimakan dan digerogoti oleh sekumpulan rayap tersebut. 

Jasa anti rayap seperti jasa anti rayap bekasi ini rata-rata akan mematok harga sebesar 25 ribu hingga 35 ribu per m2  tergantung dengan media yang akan dikerjakan. Jika dihitung harga jasa anti rayap ini memang tergolong cukup mahal, namun jika dibandingkan kerugian yang kita dapat jika tidak melakukan pencegahan dengan membasmi rayap justru akan berkali-kali lipat, kita akan kehilangan perabot-perabot rumah tangga yang kita cintai bahkan mungkin yang kota beli dengan limited edition. Selain kita kehilangan perabot yang kita cintai kita juga akan menjadi was was setiap saat karena harus selalu memikirkan si rayap ini terutama saat kita meninggalkan rumah. Pikiran was was sungguh tidak enak dan akan membuat hari-hari kita kurang bahagia.


EmoticonEmoticon