Rabu, 12 Agustus 2020

Cara Menghemat Biaya semasa Kuliah


Sumber: rencanamu.id



Pendaftaran kuliah, termasuk di President University yang notabene adalah salah satu perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia, sering diidentikkan dengan aktivitas yang membutuhkan biaya cukup besar.

Pengeluaran seseorang yang memutuskan untuk melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi pun tidak berhenti sampai di situ: biaya kuliah per semester, biaya tempat tinggal, akomodasi lainnya, serta biaya-biaya tak terduga, membuat keputusan untuk berkuliah bisa memakan waktu yang cukup lama.

Pada dasarnya, hal tersebut sangatlah wajar untuk dialami setiap orang yang berkeinginan untuk melanjutkan pendidikannya ke jenjang perkuliahan. Kehidupan kuliah yang penuh tantangan, serta hasrat untuk mengeksplorasi banyak pengalaman baru, tentu membuat seseorang harus siap dengan urusan pengeluaran yang tidak sedikit. Walaupun begitu, dari situlah remaja dan dewasa muda mulai belajar untuk mengelola keuangannya sendiri, hingga mencoba untuk menghasilkan uang sebagai penghasilan tambahan.

5 Cara Berhemat Semasa Kuliah

Berikut adalah 5 cara terbaik buat kamu agar dapat berhemat semasa menjalani masa perkuliahan:

1.    Menabung

Cara pertama untuk berhemat semasa kuliah adalah dengan menabung. Kamu tentunya ingat kalimat ‘menabung pangkal kaya’ yang sudah diperkenalkan sejak kamu masih kecil, bukan? Menabung membantu kita untuk hidup cukup dengan apa yang sudah ada. Menabung berarti menyisihkan uang untuk hal-hal yang bersifat penting, serta membatasi pengeluaran untuk hal-hal yang bersifat tidak terlalu penting. Nantinya, kamu tetap dapat membiayai akomodasimu sendiri tanpa merasa kekurangan.

2.    Membuat klasifikasi pengeluaran

Khususnya bagi kamu yang menangani masalah biaya kuliah sendiri sejak mengurusi keperluan pendaftaran mahasiswa baru, mengelompokkan jenis-jenis pengeluaran akan bermanfaat besar ke depannya.
Sejak awal, kamu perlu untuk membuat klasifikasi apa saja kebutuhan yang memerlukan biaya, mulai dari biaya pendaftaran kuliah, hingga alokasi dana untuk kejadian-kejadian tak terduga semasa kuliah. Untuk dapat mewujudkannya, kamu bisa memanfaatkan rekening bank yang berbeda, atau menyimpan masing-masing biaya pada amplop terpisah.

3.    Memanfaatkan fasilitas

Salah satu keuntungan memiliki status sebagai mahasiswa adalah banyaknya fasilitas yang diperuntukkan bagi kalangan tersebut. Fasilitas yang dimaksud juga tak jarang sangat membantumu membatasi pengeluaran, sehingga keinginan untuk berhemat saat kuliah sangat mungkin dilakukan
 Manfaatkan promo dan diskon, misalnya di tempat makan, lalu manfaatkan layanan internet, perpustakaan hingga fasilitas kesehatan kampus untuk menunjang kebutuhan kuliahmu. Dijamin, kamu bisa sukses dalam menghemat biaya selama menjadi mahasiswa!

4.    Menjajal kerja sampingan

Poin ini disarankan terutama bagi kamu yang ingin menambah uang jajan pribadi. Pertimbangkan untuk mencoba mengambil kerja paruh waktu atau sampingan, lalu simpan pendapatan tambahanmu itu untuk keperluanmu lainnya di waktu yang akan datang. Jika memungkinkan, kamu bisa mengelola keuanganmu untuk berhemat, hingga menabung. Ingat, selalu utamakan kewajibanmu dulu sebagai seorang mahasiswa yang baik, ya.

5.    Mendaftar beasiswa

Cara terakhir yang juga penting untuk dapat berhemat semasa kuliah adalah mendaftarkan diri untuk menerima beasiswa. Terdapat beragam jenis beasiswa yang bisa kamu coba, antara lain beasiswa prestasi. Kabar baik bagi kamu yang merasa unggul dalam hal akademik, manfaatkan peluang yang ada untuk menerima beasiswa, sehingga alokasi dana kualihmu bisa dipergunakan untuk hal lain, atau menabung untuk kebutuhan di lain waktu. 

Khususnya untuk informasi terbaru dan cara mendaftarkan diri pada beasiswa di President University, dan institusi lainnya, kamu bisa memperoleh kabar selengkapnya dengan menggunakan layanan dari aplikasi GoKampus. Download sekarang!


EmoticonEmoticon